LazisMu Kabupaten Bima kembali salurkan bantuan pangan untuk kaum Dhu'afa - MetroNTB.net

LazisMu Kabupaten Bima kembali salurkan bantuan pangan untuk kaum Dhu'afa

Metro NTB - Kabupaten Bima - LazisMu Kabupaten Bima kembali salurkan bantuan pangan untuk kaum Dhu'afa di beberapa kecamatan di kabupaten bima. (10/9/2021) Bima Setelah menuntaskan Program Bakti Guru di awal Bulan ini, kembali LazisMu Kabupaten Bima melanjutkan program  kegiatan penyaluran Bantuan Pangan ke beberapa desa di 2 kecamatan.  Bersama beberapa relawan LazisMu di  Kecamatan Wera dan Ambalawi, LazisMu mendistribusikan Bantuan Pangan di beberapa desa mulai dari Desa Sangiang, Ranggasolo, Hidirasa, Tawali dan Banta. Dilanjutkan Pendistribusian di Kecamatan Ambalawi di Desa Sangia, Nipa, Tolowata dan Danabura.

Kru LazisMu yang bergerak dari Kantor nya yang berlokasi di Pondok pesantren Muhammadiyah Melayu, sejak Jumat (10/9/2021) pagi hari sudah mulai melakukan aktivitas nya. Mulai dari mempacking beras, telur, gula, minyak, dan bahan makanan lainnya hingga mempersiapkan kendaraan operasional agar tidak terkendala di jalan yang cukup berliku dan terjal. Beranjak menyusuri jalan menuju kecamatan Wera yang berjarak lebih dari 60km ditempuh hampir 2 jam perjalanan.
Dan sore hari dimulai pendistribusian awal kepada beberapa janda lansia yang diantaranya memiliki penyakit yang sudah menahun di Dusun Lasinta Desa Sangiang lanjut ke dusun Lainnya hingga ke desa Ranggasolo. Namun karena malam menjelang, maka diputuskan untuk dilanjutkan esok harinya.

Total 35 paket bantuan pangan telah didistribusikan di kecamatan Wera dan 25 paket di kecamatan Ambalawi untuk periode bulan September 2021 ini.

Selain Bantuan Pangan, LazisMu juga menyalurkan Makanan Kemasan Siap Saji berupa Kornetmu dan Rendangmu. Makanan yang dikemas dalam Kaleng, yang berisi Daging sapi siap saji titipan Bantuan dari LazisMu Wilayah Jawa Timur. Kornetmu dan Rendangmu adalah program pengolahan dan distribusi hewan kurban dalam bentuk makanan kornet atau rendang siap saji dalam kemasan kaleng. Kemudian daging tersebut akan didistribusikan kepada para warga yang sudah ditentukan sesuai prioritas. Kornetmu dan rendangmu sebagian besar adalah daging kurban yang disembelih di hari Iedul Qurban, yang salah satu tujuannya agar Daging Qurban tidak akan langsung habis dalam waktu tiga hari, namun dapat dimanfaatkan dan disimpan hingga waktu dua tahun. Dan ketika kondisi darurat dapat langsung dimanfaatkan segera tanpa proses yang sulit sehingga kebutuhan akan ketahanan pangan tetap terjaga.

Dan di sela-sela kegiatan pendistribusian Bantuan Pangan dan Kornetmu/Rendangmu, Kru LazisMu Kabupaten Bima juga menyambangi kediaman Bapak Tasrif yang Menderita Penyakit kelainan Organ tubuh nya, sekaligus menyerahkan Bantuan Dana Kesehatan yang beberapa waktu sebelumnya telah dilakukan penghimpunan Dana Infaq untuk Dhu'afa Sakit Menahun.

Ucapan terima kasih dan do'a dimunajatkan oleh para penerima manfaat atas kepedulian dan kecintaan pada sesama kepada para munfiqiin yang istiqomah berinfaq melalui Lembaga Amil Zakat Infaq Shodaqoh (LazisMu) yang disalurkan secara langsung oleh kru di lapangan. Bahkan tidak sedikit para penerima manfaat yang meneteskan air mata nya sebab terharu atas kepedulian dan solidaritas masyarakat lainnya. 
"Semoga Allah memberikan keselamatan dalam aktivitas serta dikuatkan iman Islam dan diberikan surga sebagai balasannya". tutur pak tasrif terbata-bata sambil menahan sakit pada perut nya yang semakin membesar. Dengan penuh haru beliau berdoa dan menitipkan salam kepada para donatur.

Hamdan, selaku Sekretaris Umum dan Koordinator LazisMu Kecamatan Ambalawi mengungkapkan bahwa "Apresiasi saya sampaikan kepada lembaga-lembaga yang telah bermitra dengan Lazismu serta para donatur yang memercayakan donasinya kepada Lazismu,” paparnya.

ini merupakan kerja bersama LazisMu dan Masyarakat yang konsisten berinfaq sedekah. Semoga jalinan kerja dan silaturahmi ini tetap terjaga. Insya Allah ke depan nya akan semakin banyak orang yang mendapatkan manfaat baik yang berinfaq maupun yang menerima nya". Ucapnya dengan penuh semangat.

"Alhamdulilah Lazismu bersama Kru dan relawan untuk kali ini telah melaksanakan berbagai program baik program ketahanan pangan, Kesehatan dan Pendidikan".  

Hamdan juga menambahkan, total bantuan pangan yang direncanakan sebanyak 150 - 200 paket yang akan disebar di seluruh kecamatan se-kabupaten Bima dan Kota Bima. Sedangkan Untuk Dana Kesehatan adalah program percatur Wulan.   Selain warga Dhu'afa dan yatim, terkadang ada beberapa Ibnu Sabil yang menerima bantuan ini. Terutama para siswa/mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan nya di Bima, yang didominasi pelajar/mahasiswa yang berasal dari luar pulau atau yang berasal dari keluarga kurang mampu".
“Lazismu tidak berhenti sampai di penyaluran bantuan, namun dalam situasi yang seperti ini dibutuhkan langkah-langkah strategis dengan tetap melaksanakan program dengan sikap antisipatif agar tidak terjadi nya ketimpangan pangan di masyarakat, Sekali lagi, yang difokuskan Lazismu adalah dari sisi ketahanan pangan. Langkah-langkahnya ke depan yang dilakukan adalah bagaimana memanfaatkan lahan-lahan yang ada untuk ditanami tanaman yang menghasilkan pangan”. tutupnya.

Terwujudnya bantuan tersebut tidak lepas dari Infaq Shadaqah serta donasi yang berasal dari masyarakat Kota dan Kabupaten Bima. Terutama Masyarakat yang memiliki media Infaq berupa kaleng infaq 3S (Sedekah seribu sehari) LazisMu. Yang mana para munfiqiin ini setiap harinya menyisihkan sedikit nafkah nya lalu dimasukkan ke dalam kaleng tersebut yang tiap bulannya akan dijemput oleh kru LazisMu. 
Sehingga dengan media kaleng infaq ini, sedekah dari para munfiqiin lebih mudah terarah serta bisa menjadi media edukasi untuk anak-anak di rumah.
Sekretaris Lazismu, Hamdan, S.Pd juga menyampaikan terimakasih kepada seluruh donatur yang telah mempercayakan zakat dan infaqnya melalui Lazismu, semoga Allah memberikan balasan amal yang lebih baik, dan menghindarkan diri kita dari bahaya pandemi yang sedang mewabah.

Sekiranya ada masyarakat Bima yang hendak ikut serta berpartisipasi dalam program-program LazisMu bisa menghubungi kru LazisMu atau datang langsung ke kantor nya di
LEMBAGA AMIL ZAKAT INFAQ DAN SHADAQAH MUHAMMADIYAH
(Lazismu) Kabupaten Bima
Jl. Wolter Monginsidi Lingk Melayu Kel. Melayu Kec. Asakota, Kota Bima, NTB
Phone 0823 4088 2519

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda