Musyda Membagikan Ratusan Paket Bantuan Pangan serta puluhan Door prize dibagikan kepada Lebih dari 3000 - MetroNTB.net

Musyda Membagikan Ratusan Paket Bantuan Pangan serta puluhan Door prize dibagikan kepada Lebih dari 3000

Metrontb - Bima - Ribuan Hadiah Langsung dan Ratusan Paket Bantuan Pangan serta puluhan Door prize dibagikan kepada Lebih dari 3000 warga Muhammadiyah dan Masyarakat sekitar pada perhelatan Akbar MUSYDA 14 Muhammadiyah.

Bima, 28 mei 2023 Dalam rangka memeriahkan perhelatan Musyawarah Daerah (Musyda) Periode ke-14 Muhammadiyah dan Musyda ke-11 Aisyiyah Kabupaten Bima, Panitia menyelenggarakan Pawai Ta’aruf,  Bazar UMKM dan Pagelaran Pra MUSYDA sebagai pembuka rangkaian Musyawarah Daerah (Musyda) Periode ke-15 Muhammadiyah dan yang ke-11 Aisyiyah Kabupaten Bima. 

Pawai ini diikuti oleh Ribuan peserta yang berasal dari Amal Usaha Muhammadiyah se kabupaten Bima, mulai dari ujung timur Sape dan di Ujung Barat Tambora dan Sanggar. Dengan titik start di Lapangan Pacuan Kuda Desa Panda dan finish di Gelanggang Olahraga (GOR) Panda - Palibelo. 

Pawai taaruf ini diberangkatkan langsung oleh Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Bima, Drs. H. Taufiqurrahman, M.Pd didampingi Sekretarisnya Abdurrahman, SH.
Perhelatan Akbar Muhammadiyah Daerah Kabupaten Bima rutin diadakan tiap lima tahunan ini, digelar pada sabtu (27/05/2023) di dua lokasi. Lokasi pembukaan dilaksanakan di GOR Panda dan Perguruan Muhammadiyah Tolobali Bima. Dan dilangsungkan selama dua hari, mulai Sabtu hingga Ahad (28/5/2023).

 “Kegiatan – kegiatan ini merupakan satu dari rangkaian Musyda Muhammadiyah dan Aisyiyah Kabupaten Bima ini dilaksanakan dari 27-28 Mei 2023 mendatang, dengan pembukaan nya dilangsungkan di GOR Panda dan Perguruan Muhammadiyah Tolobali  untuk menentukan pimpinan daerah yang akan menahkodai PDM Banjarnegara 5 tahun ke depan.” terang Ahmad Yasin, SH, MH, selaku Ketua Panitia Bersama kegiatan tersebut.

Hadir meramaikan pawai ta'aruf ini diperkirakan melebihi 3000 orang peserta pawai. Setidaknya ada 64 Organisasi yang berada dibawah Naungan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Bima yang turut serta baik sebagai Ortom maupun Amal Usaha Muhammadiyah. Bahkan warga setempat dan beberapa institusi pendidikan di sekitar lokasi kegiatan pembukaan (GOR Panda) ikut meramaikan kegiatan pawai ta'aruf tersebut. 

Genderang tabuh Pasukan Drumband SMAMu Tolobali Bima terdengar tak berujung. Disambut dengan tabuhan marawis dari siswa AliyahMu Tolobali Bima. Lalu berbaris-baris kafilah dari berbagai Cabang Muhammadiyah.  Hampir dua jam arakan peserta pawai ta'aruf ini baru berakhir Memadati jalur jalan utama mulai dari Lapangan Pacuan Kuda dan berakhir di GOR Panda.

Dipintu finis, peserta pawai diberikan berbagai hadiah langsung juga Doorprize mulai dari sepeda, mesin cuci, kipas angin, tv, kulkas, dan puluhan hadiah menarik lainnya. Meskipun harus berpanas-panasan, tapi semua peserta pawai secara antusias mendengarkan nomor kupon yang disebut oleh panitia yang telah dibagikan sebelum pawai dilangsungkan.

Beberapa tokoh dan kader Muhammadiyah menjadi sponsor hadiah door prize kali ini. Tercatat Rudi Mbojo, Babarao, Bang woto, Pak Mursalin, om imam, dan lainnya. Bank BSI KCP Kartini, Universitas Muhammadiyah Bima, SMAMu Dena, SMAMu Sape juga menjadi Sponsor Hadiah Utama Doorprize.
Keriuhan Pawai dan pembagian door prize barulah reda menjelang adzan Dzuhur, dilanjutkan dengan Acara Pagelaran Karya Warga Muhammadiyah. Diawali oleh TK Aisyiah Bustanul Athfal desa Tangga mempersembahkan Hafalan Haditsnya, SMAMu Sape dengan Tari Kreasi Baru nya, Tapak Suci dengan Atraksi Silatnya, dan berbagai hal unik lainnya ditampilkan di Indoor GOR panda di acara Pra MUSYDA KE-14 ini. Terharu saat pembacaan Puisi yang dibawakan oleh Mustafa, S.Pd.i kader Muhammadiyah dari Desa Padende Donggo, membuat suasana khidmat sesaat dari riuhnya para pengunjung. Dan disiarkan langsung oleh banyak akun media sosial warga Muhammadiyah di moment terbaik ini.

Dalam pada itu, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Bima H. Taufiq menyebut, MUSYDA menjadi momentum warga Muhammadiyah saling bertemu, bersilaturahmi. Sekaligus menjadi wadah bagi persyarikatan Muhammadiyah mengekspresikan diri melalui karya-karya potensial mereka. “Muhammadiyah memberi panggung untuk itu,” ucapnya di sela acara.

Dilokasi yang sama juga dilaksanakan Bazar UMKM Muhammadiyah dengan berbagai stan yang menjual makanan dan minuman, kerajinan tangan dan produk kreatif lainnya. Termasuk salah satunya salah MARIMPA Bima yang sejak beberapa tahun terakhir ini menjadi ciri khas Kuliner Bima. "Demikian Adanya kegiatan Bazar UMKM Muhammadiyah tidak hanya sebagai sarana meningkatkan perekonomian, bazar ini juga sebagai sarana pengenalan produk local dari peserta" menurut penuturan Pak Irfan Fey selaku koordinator Bazaar di kegiatan Pembukaan MUSYDA tersebut.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda