Luar Biasa Solidaritas Warga Simpasai Kecamatan Lambu - MetroNTB.net

Luar Biasa Solidaritas Warga Simpasai Kecamatan Lambu

Metrontb.net - Kab.Bima - Untuk memelihara dan meningkatkan kesadaran akan kebersihan lingkungan di lingkungan desa Simpasai Kecamatan Lambu, serta memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-78, Desa Simpasai Kecamatan Lambu Kabupaten Bima menggelar lomba kebersihan Rukun Tetangga (RT).

Tim penilai lomba kebersihan lingkungan, yang  diketuai Kepala Desa Simpasai Muhammad Sidik S.Sos serta jajaranya, Bhabinkamtibmas Aipda Irwan Sek Lambu, Kepala Seksi Peningkatan Kapasitas Lingkungan, Kesehatan.

Penilaian dilaksanakan dengan meninjau langsung lingkungan masing-masing RT peserta lomba, yang berjumlah sebanyak 16 RT.

AIPDA Irwan Bhabinkamtibmas Sek Lambu, lomba kebersihan lingkungan dilaksanakan selama 1 hari, yaitu pada 19 Agustus 2023 dengan kriteria penilaian mengacu kepada kriteria penilaian Adipura, yang meliputi kebersihan, bank sampah, ruang terbuka hijau, drainase, TPS, kotak sampah, pemilahan dan pengolahan sampah.  

“Bagi RT yang mendapat nilai terbaik dari total nilai objek penilaian.,” ujar AIPDA IRWAN.

Beliau pun menuturkan agar kegiatan seperti ini dapat menjadi agenda rutin setiap tahunnya dan diharapkan pihak desa serta RT juga dapat menghidupkan kembali gerakan gotong royong kebersihan lingkungan setiap minggunya.

Pada kesempatan itu, AIPDA IRWAN juga menghimbau agar masyarakat dapat mengelola sampah secara ramah lingkungan dengan tidak melakukan pembakaran sampah, serta tidak melakukan pembakaran pada lahan dan pekarangan untuk menghindari terjadinya pencemaran udara.

Lomba Kebersihan merupakan salah satu upaya menciptakan dan meningkatkan kebersihan guna mewujudkan lingkungan yang rapi, indah, sehat dan nyaman, di samping juga dimaksudkan untuk memotivasi seluruh warga agar peduli dan berperan aktif dalam peningkatkan kualitas kebersihan guna mendukung kenyaman warga setempat. Muhammad AL-Gazali

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda