- MetroNTB.net

Februari 2024.

Lomba TTG Tingkat Kota Bima 2024 Sukses Digelar, Ini Harapan PJ Walikota Bima

Kota Bima,

Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Tingkat Kota Bima yang digelar Rabu (21/2/2024) di Gedung Seni Budaya (GSB) Kelurahan Rabangodu Utara diapresiasi banyak pihak, kegiatan yang menampung 92 karya TTG dari berbagai kategori tersebut telah memikat perhatian pencinta Teknologi Terapan dari kalangan pelajar maupun Masyarakat umum.

Penjabat Walikota Bima, Ir. H Mohammad Rum, MT, secara gamblang menyatakan, bahwa kegiatan TTG menjadi menarik lantaran karya karya yang ditampilkan berbeda dari tahun sebelumnya, Dimana hasil karya yang mendaftar sangat banyak, dan hal itu menjadi modal pada lomba Tingkat Provinsi maupun Nasional yang akan digelar di NTB pada April 2024 mendatang. “Kita bisa jadi tuan Rumah untuk lomba Tingkat Nasional, dampaknya akan membangkitkan ekonomi Masyarakat,” ujarnya, Rum saat membuka kegiatan tersebut di Gedung GSB Rabangodu Utara, Rabu (21/2/2024).


Ia mengatakan, berkembangnya ekonomi di daerah, sangat bergantung pada aktivitas masyarakatnya, jika Masyarakat kreatif menciptakan hal baru   ataupun produk baru dalam perdagangan, maka ekonomi di akan meningkat, selain itu perkembangan ekonomi sebuah daerah tak terlepas adanya pemodal yang masuk ke daerah tersebut untuk melakukan investasi. “Kita di Kota Bima harus menjadi contoh yang baik untuk menarik para pemodal, di antaranya sikap ramah dan saling menghragai menjadi kunci agar daerah terlihat kondusif,” paparnya.


Ia menggambarkan adanya acara besar kebudayaan seperti Pesona Rimpu Mantika akan menarik orang untuk berkunjung ke Kota Bima, seperti diketahui, paket kegiatan Pesona Rimpu Mantika telah masuk kalender even Nasional, pergelaran budaya tersebut, jika dibarengi dengan sajian khas hasil kreatifitas berbagai kuliner lokal maka akan semakin menarik orang luar untuk datang berkunjung.

Di sisi lain, Mohammad Rum menyatakan, gelar TTG yang menampilkan berbagai karya anak bangsa itu diharapkan akan mampu mendorong berbagai kreatifitas teknologi terapan di daerah, serta mampu memberi manfaat secara luas di Masyarakat.


Di tempat yang sama, Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Kota Bima, Drs. M Nur, MH, mengungkapkan, kegiatan TTG Tingkat Kota Bima tahun 2024 yang diinisiasi BRIDA Kota Bima bermaksud untuk memperkenalkan hasil karya teknologi, kegiatan tersebut akan berlanjut pada kegiatan Tingkat Provinsi NTB Dimana direncanakan digelar di Kota Bima pada 5 dan 6 April 2024. “Kota Bima sudah terpilih sebagai tuan rumah untuk kegiatan Lomba TTG Tingkat provinsi, Kita berharap lomba yang sama Tingkat Nasional akan digelar di Kota Bima, hal ini tentu akan menjadi kebanggaan bagi Kita,” paparnya.

Kaban yang dipercaya memimpin BRIDA sejak awal tahun 2024 itu menyampaikan terimakasih kepada semua yang terlibat sejak dimulainya proses TTG, mulai dari proses pendaftaran, tahap penjurian, hingga digelarnya hasil karya tersebut di Gedung GSB.      

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda