- MetroNTB.net

Ketua TP PKK Kota Bima Serahkan Sertifikat Elsimil Pada Catin

Kesehatan17 Dilihat

Kota Bima.Metro NTB.Ketua TP PKK Kota Bima Hj. Dewi Wahyuni H.Mohammad Rum, SE bersama Pj Wali Kota Bima Ir. M. menyerahkan Sertifikat Elsimil (Elektronik Siap Nikah dan Hamil) kepada pasangan pengantin asal Kecamatan Raba Kota Bima di Gedung seni dan budaya pecan lalu.

“Sertifikat Elsimil diberikan sebagai bukti sudah melalui proses pengisian aplikasi Elsimil, maka diterbitkannya sertifikatnya melalui proses pendampingan bagi Catin,” ucap Plt.Kadis PPKB Hj.Dewi Triyani, S.Sos.M.Si melansir pernyataan Ketua PKK.

Menurutnya, bahwa Pemerintah Kota Bima akan terus menggaungkan kepada setiap calon pengantin untuk mengunduh aplikasi Elsimil.
“Aplikasi ini wajib diunduh dan digunakan sebagai salah satu syarat nikah dipencatatan sipil bagi setiap calon pengantin di Kota Bima untuk membantu dalam pencegahan stunting,” tegasnya.

Aplikasi Elsimil adalah program dari BKKBN dalam upaya menurunkan angka stunting di Indonesia. Aplikasi ini edukasi dengan sistem elektronik siap nikah dan siap hamil yang menjadi prioritas program BKKBN.

Aplikasi ini sebagai bentuk skrining awal dan edukasi tentang kesehatan reproduksi, perbaikan gizi bagi calon pengantin perempuan serta edukasi perilaku hidup sehat. Sasaran utama dari program ini adalah para remaja yang mau berumah tangga.

Di dalam aplikasi Elsimil tersebut terdapat konten edukasi serta kuesioner seputar pencegahan stunting yang dapat dilihat pendamping keluarga. Pendamping keluarga sendiri terdiri dari unsur PKK, kader KB dan tenaga kesehatan.

“Aplikasi Elsimil diharapkan dapat berfungsi dan berhasil dalam mencegah stunting di Kota Bima,”pungkasnya.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda